Selasa, 12 Juli 2016

Manfaat daun turi untuk kesehatan

manfaat daun turi untuk kesehatan

Manfaat daun turi untuk kesehatan

Manfaat daun turi yang alami ini pasti dapat kita pakai juga sebagai obat herbal. Turi dengan nama latin Sesbania grandiflora yaitu tanaman dengan sejuta manfaat. Disangka turi datang dari Asia Tenggara serta Asia Selatan., tetapi saat ini telah menyebar ke beragam darah tropis didunia. Turi adalah pohon kecil anggota suku Fabaceae yang menyebar di India Timur hingga Australia. Di Indonesia, pohonnya ditanam juga sebagai tumbuhan pelindung di sawah-sawah atau tanaman hias di halaman rumah.

Turi memiliki daun penumpu selama 0, 5 – 1 cm dengan daun majemuk serta menyebar. Panjang daun seputar 20-30 cm. Anak-anak daunnya jorong memanjang, menyirip genap serta rata. Tangkainya pendek serta di tiap-tiap tangkai diisi 20-40 gunakan anak daun. Daunnya juga digunakan untuk pakan ternak serta pupuk.

Kandungan Daun Turi
Terdaftar banyak yang memberikan bahwa turi adalah hijauan yang memiliki nutrisi tinggi serta disenangi oleh ruminansia (hewan pemamah biak). Tiap-tiap 100 gr berat kering, daun ini memiliki kandungan seputar 36% protein kasar serta 9600 IU vitamin A. Konsentrasi N pada dedaunan itu seputar 3, 0–5, 5%, serta lebih tinggi lagi pada biji, yaitu sampai 6, 5%. Ketecernaan dedaunan itu sekitar pada 65–73%, dengan kandungan serat kasar yang rendah (5–18%). Meskipun tanaman turi di ketahui memiliki kandungan saponin serta tannin, selama ini tak ada reaksi toksik yang berlangsung pada ruminansia. Namun butuh di perhatikan pakan ini berbentuk mematikan pada ayam lantaran cuma berperut tunggal (monogastrik).

Dari sebagian kandungan tersebut, bikin terkecuali bunganya namun daunnya dapat juga dipakai juga sebagai bahan untuk menyembuhkan penyakit serta tingkatkan kesehatan badan. Di bawah ini sedetailnya perihal penuturannya :

Demam nifas
Giling 1/3 genggam daun yang telah dibikin bersih, imbuhkan ¾ cangkir air minum serta sedikit garam. Diperas serta disaring, lantas bisa diminum.

Penambah ASI
Ambillah daun turi muda seperlunya, lantas dikukus. Dikonsumsi juga sebagai lalapan masak. Dapat pula mengonsumsi bunga turi yang telah di masak terlebih dulu.

Radang tenggorokan
Rebus segenggam daun turi merah dengan air bersih seperlunya, lantas saring. Jika telah dingin, air rebusan tadi pakai untuk berkumur. Kerjakan kumur-kumur 4 kali satu hari.

Sariawan & sakit tenggorokan
Ambillah daun seperlunya, bersihkan bersih lantas diremas-remas dalam wadah yang telah ditambah air masak. Pakai untuk berkumur di tenggorokan atau gargle

Obat batuk
Siapkan daun turi merah serta daun inggu semasing 1 genggam lalu tumbuk sampai halus, imbuhkan air perasan suatu jeruk pecel. Aduk, setelah itu peras serta disaring, lantas silakan Anda minum.

Keputihan
Ambillah segenggam daun turi putih serta kunyit sebesar ibu jari dicuci lalu giling sampai halus. Imbuhkan ¾ gelas air minum, diaduk, diperas, serta disaring, lantas minum air perasan tadi 2 kali satu hari.

Kuku bengkak disebabkan tersandung maupun terserang pukulan
Ambillah daun seperlunya lantas ditumbuk sampai halus. Tempelkan di atas kuku yang sakit serta kulit sekitarnya, lalut dibalut dengan kain kasa atau sejenisnya. Ubah 2-3 kali dalam satu hari.



.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar