Selasa, 12 Juli 2016

Manfaat daun jeruk purut

manfaat daun jeruk purut

Manfaat daun jeruk purut

Manfaat daun jeruk purut diakui dapat menangani aneka tipe masalah kesehatan. Jeruk purut dengan nama latin Citrus hystrix, sudah di kenal orang-orang mulai sejak zaman dahulu. Buahnya yang memiliki ukuran kecil yang cuma berdiameter 1 – 2 cm ini mempunyai warna hijau tua serta berkerut. Daun jeruk purut umumnya dipakai oleh ibu-ibu rumah tangga juga sebagai pelengkap masakan juga sebagai penyedap aroma masakan. Jeruk purut yang berdaun khas membuat angka 8 serta berwarna hijau tua ini dapat kerap dikatakan sebagai daun jeruk angka 8. Diluar itu, memiliki bentuk juga beragam, ada yang bulat serta ada juga yang lonjong. Pangkal daunnya ada yang tumpul serta bundar, ada juga yang condong meruncing. Panjang daunnya pada 8 cm sampai 15 cm, serta lebarnya sampai 6 cm. Permukaan daunnya halus serta licin.
Kandungan Daun Jeruk Purut

Daun jeruk purut memiliki kandungan steroid triterpenoid, tannin, serta minyak atsiri. Minyak atsiri yang juga dikatakan sebagai Aetheric oil atau Eteris inilah yang jadikan daun ini berbau harum. Disamping itu minyak atsiri yaitu salah satu komponen paling besar dari minyak nabati. Dengan wujudnya yang kental namun bisa dengan gampang menguap pada suhu ruang, jadikan komponen ini gampang juga menyebarkan aroma yang khas hingga minyak atsiri jadikan juga sebagai basic wangi-wangian. Diluar itu minyak atsiri berguna juga untuk kesehatan, diantaranya yaitu juga sebagai antibiotic konvensional pada virus, bakteri, serta jamur, bisa pula jadikan juga sebagai median relaksasi.

Terdapat banyak manfaat yang dapat didapat dari daun ini. Daun jeruk purut bisa digunakan seperti berikut :

Menangani kelelahan setelah bekerja atau setelah sakit berat
Anda dapat mengatasinya lewat cara bikin ramuan dengan merebus daun jeruk purut yang masih tetap fresh dengan tiga liter air. Rebus sampai mendidih serta biarlah mendidih sepanjang 15 menit. Kemudian campur dengan air dingin sampai air itu hangat-hangat kuku. Lalu Anda bisa pakai air itu untuk mandi.

Obat influenza
Untuk menyembuhkan influenza, Anda bisa merebus lebih kurang 25 lembar daun yang sudah dipotong-potong dengan 2 gelas air serta biarlah sampai air tersisa 1/2 gelas. Kemudian minumlah pada saat hangat


sumber

1 komentar: