Senin, 30 Oktober 2017

Pohon labu botol / bottle gourd

labu botol

Pohon labu botol / bottle gourd / labu cina

Haloo sobat Ayo-Berkebun semuanya!!! Ayo berkebun kali ini akan membahas tentang pohon / tanaman labu botol / bottle gourd (inggris), ada juga yang menyebutnya labu cina / labu dewa mabuk.
Tanaman labu botol merupakan tanaman merambat, dinamakan labu botol karena buahnya berbentuk botol (tanpa harus di bentuk).

Mungkin sobat pernah menonton film kera sakti, di film itu labu botol digunakan sebagai botol / wadah air minum dan juga gayung untuk menciduk air dengan cara buah labu botol dibelah dua, sudah terbayang??. Selain itu buah labu botol juga biasanya dijadikan sebuah karya seni / kerjinan tangan untuk dekorasi. Beberapa contoh kreasi dari labu botol bisa sobat lihat gambar dibawah ini :

kreadi dari labu botol
Kembali ke bahasan kali ini yaitu pengenalan pohon labu botol, mungkin diantara sobat ada yang belum tahu seperti apa biji labu botol, pohon labu botol dan yang lainnya tentang pohon labu botol. langsung saja sobat bisa simak dibawah ini :

Jual benih labu botol murah KLIK DISINI atau DISINI

biji labu botol
Dari sisi bentuk dan ukuran biji labu botol yang sudah kering ini seperti biji pare / pariai, memiliki tekstur yang cukup keras


pohon llabu botol
ini merupakan bibit labu botol yang baru beberapa hari setelah di semai, bisa dilihat bentuk daun pertamanya berbrntuk oval.


bibit labu botol
ketika sudah dewasa daun labu botol akan berbentuk seperti ini


pohon labu botol
bentuk daunnya seperti bentuk love


Bunga labu botol
bunga betina labu botol
Bunga labu botol ada 2 jenis yaitu bunga jantan dan bunga betina, gambar diatas meupakan bentuk bunga betina dari pohon labu botol, bisa dilihat gambarnya yang dilingkari merah bentuknya sudah menyerupai botol dengan bagian salah satu ujungnya yg besar membulat dan ujung yang lainnya mengecil.


bunga jantan labu botol
berbeda dengan bunga betina, bunga jantan tidak membentuk botol sama sekali, bisa dilihat bentuknya seperti gambar diatas. Bunga jantan hanya bertugas membuahi agar bunga betina menjadi buah, jika tidak terjadi penyerbukan terhadap bunga betina / bunga betina tidak terbuahi maka bunga betina akan rontok dan tidak menjadi buah labu botol.


labu botol
Jika penyerbukan berhasil maka bunga labu botol betina lama kelamaan akan menjadi besar dan akhirnya menjadi buah labu botol. 

Baca juga :
Perangsang buah GOLSTAR
Cara mencangkok menggunakan oasis
Cara memilih benih yang bagus
Cara mengusir belalang secara alami

Nahh itu dia penjelasan singat mengenai tanaman labu botol / bottle gourd / labu cina, semoga bisa menanambah pengetahuan sobat semuanya.
Terimakasih.. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar