Selasa, 01 November 2016

Cara menanam labu botol

cara tanam labu botol

Cara menanam labu botol

Haloo sobat Ayo Berkebun!!!Kali ini saya ingin membagikan pengalaman saya dalam menanam atau menyemai benih labu botol. Benih atau biji labu botol saya dapatkan dari sebuah online shop. Dalam kemasan labu botol tersebut terdapat pandauan untuk menyemainya, kira-kira seperti ini :

Panduan menanam labu botol :
  • rendam benih atau biji labu botol dalam air bersih selama 24 jam
  • jika sudah di rendam semaikan benih ke dalam media tanam sedalam 0,5 cm
  • setelah itu letakkan di tempat yang terkena sinar matahari penuh
  • jika tanaman sudah berdau 4-6 helai, pindahkan tanaman ke tempat yang lebih besar
  • Saya coba menanam 3 benih labu botol dengan cara tersebut, tapi tidak satupun benih yang berhasil tumbuh. Kemudian saya coba menyemai 2 benih labu botol dengan cara yang biasa saya lakukan dan ternyata berhasil tumbuh kedua-duanya.
Jual bibit labu botol murah KLIK DISINI

Bagaimana cara mennyemai benih yang biasa saya lakukan? saya akan membahasnya disini. Bukan bermaksud untuk menyalahkan cara menyemai yang di sertakan pada paket benih yang saya beli, mungkin hanya kebetulan saja benih yang saya semai dengan cara tersebut tidak berhasil tumbuh. Hanya ingin berbagi pengalaman, siapa tau ada sobat yang ingin mencobanya.

Berikut ini adalah cara menyemai benih yang biasa saya lakukan (untuk benih tertentu) :
Alat dan bahan :
  • toples
  • tissu
  • benih tanaman

Cara menyemai :
  • letakkan 2 lembar tissu ke dalam toples
  • basahi tissu tersebut, balikkan toples agar tissu tidak tergenang oleh air
  • letakkan benih di atas tissu yang sudah dibasahi
  • kemudian tutup rapat toples
  • letakkan toples di ruang kamar
  • tunggu beberapa hari sampai benih keluar akar
  • jika sudah keluar akar, pindahkan benih ke media tanam
  • tanam dengan kedalaman 0,5 - 1cm
  • jaga kelembaban media, jangan terlalu kering dan jangan terlalu basah

Dan inilah hasil dari teknik menyemai tersebut :

dcara nmenanam labu botol dari biji
hari pertama ketika benih baru diletakkan pada toples penyemaian


menanam biji labu botol
hari ke empat setelah penyemaian benih mulai mengeluarkan akar 
di hari ini benih sudah bisa dipindahkan ke pot / polibag dengan media tanam dan terkena sinar matahari langsung


cara nmenanam labu botol
benih labu botol mulai mengeluarkan daun.


cara menanam biji labu botol
selanjutnya sobat hanya tinggal melakukan perawatan saja seperti penyiraman, pemberian pupuk, dan pemindahan ke tempat yang lebih besar seiring dengan besarnya tanaman.

Nah itu dia langkah-langkah / cara menanam labu botol dari biji, selain dengan biji tanaman labu botol juga bisa diperbanyak dengan cara lain seperti yang sudah pernah saya bahas sebelumnya pada postingan Cara memperbanyak tanaman labu botol.

1 komentar:

  1. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    BalasHapus