Rabu, 24 April 2019

Cara cepat menyemai benih

cara menanam benih

Cara cepat menyemai benih

Haloo sobat ayo berkebun semuanya.. Kali ini ayo berkebun ingin membagikan tentang cara menyemai benih tanaman.
Ada banyak cara menyemai benih tanaman yang biasa dilakukan oleh banyak orang, seperti merendam terlebih dahulu benih yang ingin disemai dengan air hangat, dan macam-macam cara menyemai lainnya.

Kali ini ayo berkebun akan membagikan cara menyemai benih tanaman dengan menggunakan tissu atau kapas. Cara ini mungkin sudah banyak sobat yang mengetahui dan mempraktikkannya. Tapi tidak ada salahnya untuk kami bahas disini, karena mungkin juga masih banyak sobat yang belum tau tentang cara menyemai benih ini.

Kelebihan menyemai benih dengan cara ini diantaranya adalah benih lebih cepat tumbuh, lebih mudah memantau benih mana yang berhasil tumbuh dan tidak, benih tidak dimakan oleh binatang, benih tidak hanyut terbawa air hujan. Berbeda jika sobat langsung menanamnya di lahan, ada kemungkinan benih akan dimakan oleh binatang seperti ayam, burung. dan kemungkinan benih hanyut jika hujan deras turun.


Benih apa saja yang bisa disemai dengan cara ini?
Sepertinya hampir semua benih bisa disemai menggunakan cara ini, hanya saja untuk benih-benih seperti bayam, kangkung akan lebih sulit dan memakan waktu untuk memindahnya ke tempat penanaman.

Baiklah langsung saja kita bahas bagaimana cara cepat menyemai benih. Sebelumnya sobat bisa siapkan terlebih dahulu alat dan bahannya :
- benih tanaman
- tissu / kapas
- toples
- air
cara menyemai benih

Baca juga :
Pupuk Organik Cair Nasa
Cara mencangkok tanpa media
Perangsang buah GOLSTAR
Nutrisi hidroponik AB Mix

Tahap pertama sobat bisa meletakkan beberapa lembar tissu kedalam tolpes, kemudian basahi tissu tersebut dengan air.
Jika sudah, letakkan dan susun dengan rapi benih diatas tissu yang sudah dibasahi tersebut, lalu tutup toples dengan rapat dan simpan didalam ruangan.

cara menanam biji


Dipercobaan kali ini kami menggunakan beberapa jenis benih yaitu benih cabai, selada hijau, sawi, dan bayam. Setelah 2 hari benih sudah mulai berkecambah seperti yang bisa sobat lihat pada gambar dibawah ini.
Untuk benih cabai belum berkecambah karena memang agak lama (hari ketiga dan keempat benih cabai baru mulai berkecambah). Lamanya perkecambahan tergantuh jenis benih dan kualitas benih yang ditanam.

cara menyemai biji

Jika benih sudah berkecambah sobat bisa langsung memindahnya ke tempat pembesaran,
Jangan tunggu terlalu lama (terlalu besar tumbuhnya) karena akan menyulitkan untuk memindahnya dan lebih mudah mati.

Itu dia cara mananam benih dengan mudah yang bisa kami bagikan, semoga bisa bermanfaat.
Terima Kasih.


1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    BalasHapus