Sabtu, 27 Mei 2017

Cara menanam rosella di pot / polibag

jual bibit rosella murah

Cara menanam rosela di pot / polibag

Haloo sobat ayoo-berkebun semuanya!!! Pada kesempatan kali ini ayoo-berkebun.blogspot.com akan membahas tentang bagai mana cara menanam rosella / rosela menggunakan pot / polibag. Sebenarnya banyak cara dan perlakuan untuk menanam tanaman rosella ini, dan setiap orang sebagian besar berbeda dan memiliki cara dan perlakuan masing-masing untuk menanam rosella ini. Tapi yang akan saya posting kali ini adalah pengalaman saya dalam menanam rosella di pot / polibag.

Untuk menanam rosella di polibag ada beberapa bahan yang haruse disiapkan yaitu :
- Benih / biji rosella
- Pot / polibag
- Media tanam
- Pupuk

Baca juga : Cara mengatasi busuk batang pada tanaman rosella

Bagi sobat yang belum tahu seperti apa itu benih / biji rosella bisa lihat pada gambar dibawah ini :

biji rosella
biji rosela

Jual benih rosella murah KLIK DISINI atau DISINI

Untuk polibag disini saya menggunakan polibag ukuran 35 x 35, atau jika menggunakan pot bisa menggunakan pot ukuran pot 30cm, lebih besar tentu lebih baik, karena pertumbuhan juga akan lebih maksimal.
Media tanam yang saya gunakan disini adalah campuran dari tanah, sekam bakar, cocopeat, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1:1
Untuk pupuknya saya menggunakan pupuk kandang, pupuk NPK mutiara 16-16-16 dan pupuk organik cair (POC), jika sobat ingin berkebun dan menghasilkan tanaman organik sebaiknya menggunakan pupuk kandang, pupuk organik cair, pupuk kompos dan pupuk organik lainnya saja.

Nah untuk langkah awalnya sobat bisa memulai dengan menyemai benih / biji rosella. bisa disemai menggunakan polibag kecil atau tray semai, disini saya menggunakan tray semai. Masukkan 1 benih per lubang atau per polibag dengan kedalaman sekitar 1-2 cm. kemudian siram dengan air secukupnya. Jaga kelembaban media jangan sampai kering ataupun terlalu basah, sekitar 2-5 hari benih akan mulai mengeluarkan daun.

cara menanam rosella
bibit rosela 4 hari setelah semai


Jika daun rosela sudah berjumlah 5-6 daun pindahkan ke polibag / pot besar, lakukan pemindahan bibit rosela pada sore hari. Jika sudah dipindah siram dengan air secukupnya. Disini saya menyiramnya menggunakan larutan vitamin B1 yang berfungsi untuk mendorong pertumbuhan akar dan mengurangi stress atau kejutan karena pemindahan tanaman.

cara menanam rosela


Lakukan penyiraman seperlunya, jaga agar media tidak kering dan tidak terlalu basah. 1 minggu setelah bibit rosella dipindah ke polibag besar berikan pupuk kandang / kompos secukupnya diatas media.
cara menanam rosela di pot


Dua minggu setelah pemberian pupuk kandang, berikan pupuk NPK 16 16 16 dengan dosis 1 sendok makan untuk tiap tanamannya, taburkan pupuk NPK disekitar batang tanaman.

cara tanam rosela

BERSAMBUNG ... ^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar