Kamis, 11 Mei 2017

Cara membuat nutrisi hidroponik sendiri

cara membuat nutrisi hidroponik sendiri

Cara membuat nutrisi hydroponik sendiri

Haloo sobat Ayo-Berkebun semuanya!!!
Kali ini Ayo-Berkebun ingin membagikan tentang pengalaman pribadi yaitu membuat nutrisi hidroponik sendiri. Berawal dari iseng-iseng ingin memcoba menanam dengan sistem hidroponik, sedangkan waktu itu nutrisi hidroponik masih agak sulit untuk didapatkan disekitar kami, akhirnya kami mencoba untuk mencari referensi untuk membuat nutrisi hydroponic sendiri (googling) ^_^.
Sebenarnya ada banyak cara untuk membuat nutrisi hidroponik sendiri, tapi kami mencoba membuat nutrisi hidroponik dengan menggunakan campuran pupuk-pupuk (anorganik), dan berdasarkan perhitungan kami saat itu, bisa dibilang harganya jauh lebih murah ketimbang harga nutrisi hidroponik yang sudah jadi.

Baiklah langsung saja kita bahas bagaimana cara membuat nutrisi hydroponik sendiri :

1. Yang pertama siapkan dulu bahan-bahannya:

membuat nutrisi hidroponik sendiri
Bahan-bahan membuat nutrisi hidroponik

Baca juga :
Apa itu hidroponik?
Macam-macam media tanam untuk hidroponik
Nutrisi hidroponik AB Mix Hydro J
Pupuk Organik Cair NASA

2. Berdasarkan situs-situs yang kami baca, ada yang menggunakan bahan-bahan seperti yang telah kami sebutkan tadi dan ada juga yang tidak menggunakan pupuk UREA. Di percobaan kami kali ini tidak menggunakan pupuk UREA.
Berdasarkan sumber yang kami dapatkan, untuk 10 liter nutrisi hidroponik takarannya adalah 10 gram pupuk NPK (1 sendok makan), 10 gram pupuk KCL (1 sdm), 5 gram pupuk Gandasil D (1/2 sdm), 10 gram pupuk UREA (1 sdm).
Jadi jika di kalkulasi untuk disamakan dosisnya seperti AB Mix dengan perbandingan 5:5:1 bisa menggunakan perbandingan seperti ini:

- 100 gram pupuk Gandasil D (1 liter air)
- 200 gram pupuk KCL (1 liter air)
- 200 gram pupuk UREA (1 liter air)
- 200 gram pupuk NPK (1 liter air)

Jual peralatan berkebun dan peralatan hidroponik murah KLIK DISINI aatau DISINI

3. Cara pembuatanya, masukkan 1 liter air ke masing- masing  wadah/toples, kemudian masukkan 100 gram Gandasil D ke wadah 1, 200 gram NPK ke wadah 2, 200 gram KCL ke wadah 3, dan 200 gram UREA ke wadah 3. aduk-aduk sampai larut. dari perbandingan tersebut bisa untuk 200 liter air yang siap digunakan.

Untuk hasil dari racikan nutrisi hidroponik di atas, dan yang kami gunakan hanya 3 bahan saja (tanpa urea). Bisa lihat pada gambar-gambar dibawah ini :
[klik gambar untuk memperbesar]

membuat nutrisi hidroponik sendiri


membuat nutrisi hidroponik sendiri


cara membuat nutrisi hidroponik sendiri

Jual nutrisi hidroponik murah KLIK DISINI aatau DISINI

Keterangan :
Dengan menggunakan nutrisi ini ada beberapa tanaman yang layu, diperkirakan karena dosisnya yang masih terlalu tinggi. Saran dari kami, mungkin sobat bisa coba untuk mengencerkan pekatan/nutrisi dengan lebih banyak air. atau jika sobat mempunyai TDS meter bisa coba mengukur ppm nya, agar bisa didapatkan kombinasi yang pas.

Tulisan ini hanya sekedar berbagi pengalaman saja, jika sobat hanya menggunakan nutrisi organik, mungkin nutrisi ini bisa di gunakan untuk tanaman hias atau tanaman non konsumsi lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar