Jumat, 25 November 2016

Cara menanam okra

cara menanam okra

Cara menanam okra

Haloo sobat semuanya!!! Sebelumnya saya pernah membagikan pengalaman saya tentang menanam okra di pot / polibag. Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan tentang cara menanam okra langsung di tanah. Penanaman okra langsung di tanah ini mungkin cocok untuk sobat yang mempunyai lahan cukup luas, jika sobat tinggal di tengah perkotaan yang mayoritas lahannya terbatas, sobat bisa mencoba menanam okra di pot / polybag.

Baiklah langsung saja saya bagikan tentang pengalaman saya menanam okra langsung di tanah, yang pertama harus dilakukan adalah pembersihan lahan, bersihkan lahan yang ingin ditanami okra dari rumput-rumput liar atau tanaman lain yang mengganggu, atau mungkin jika ada sampah-sampah yang berserakan ^_^.

bididaya okra

Setelah lahan dirasa sudah bersih, tahap selanjutnya adalah pengolahan tanah, lakukan penggemburan tanah agar tanah tidak padat atau keras, sobat juga bisa mencampurkan tanah dengan pupuk kandang atau kompos agar tanah menjadi lebih subur. Kemudian buat bedengan-bedengan, pembuatan bedengan-bendengan ini tentu banyak modelnya, sobat bisa mencoba sesuai dengan keinginan sobat. Untuk jarak antar bedengan disini saya beri jarak sekitar 40-50cm.

Jual bibit okra murah KLIK DISINI

cara menanam okra di ladang

Jika dirasa bedengan sudah siap, sobat bisa langsung menanam benih atau biji okra di bedengan. Tanam benih dengan jarak sekitar 30cm antar tanaman dan 1-2 benih untuk 1 lubang dengan kedalaman 1-2cm.
Selanjutnya lakukan penyiraman secara rutin (disesuaikan dengan kondisi) dan pemberian pupuk secara berkala. Pada percobaan disini saya menggunakan pupuk kandang (diawal penanaman), pupuk organik cair (POC) dan pupuk NPK mutiara 16-16-16 sesuai dosis yang tertera pada kemasan.
Perawatan lainnya adalah membersihkan rumput yang mulai tumbuh diantara tanaman okra, dan jika ada hama yang dirasa sudah sangat mengganggu bisa dilakukan penyemprotan insektisida sesuai dengan dosis yang dianjurkan,
Buah okra bisa mulai dipanen ketika tanaman berusia sekitar 2 bulan.

Nah itu dia penjelasan singkat tentang percobaan penanaman okra yang saya lakukan, semoga bisa bermanfaat. Terimakasih. ^_^

cara tanam okra


Tidak ada komentar:

Posting Komentar