Rabu, 09 November 2016

Apa itu hidrogel ?

apa itu hidrogel

Apa itu hydrogel ?

Hidrogel adalah benda berbentuk butiran bulat dengan warna menawan, merupakan kristal polimer yang berfungsi menyerap dan menyimpan air serta nutrisi untuk tanaman dalam jumlah besar.

Manfaat / keuntungan menggunakan hidrogel :
1. Sebagai pengganti tanah untuk media tanam tanaman hias anda
2. Sebagai aksesoris interior rumah karena pilihan warna-warnanya yang menarik
3. Bisa juga digabungkan dengan aroma terapi apabila dikombinasikan dengan essential oil
4. Kreasi merangkai bunga dan kreasi lilin.
5. Media Pengharum Ruangan / Pengharum Mobil.
6. Mengurangi udara kering di ruang ber-AC.

Jual hidrogel murah KLIK DISINI

Bagaimana cara menggunakan hidrogel ?
Sebelum hidrogel digunakan, hidrogel perlu dikembangkan terlebih dahulu dengan cara di rendam dengan air yang sudah diberi pupuk / nutrisi untuk tanaman. Ambil hidrogel yang belum mengembang sebanyak 5 gram, kemudian direndam dengan 600ml air yang mengandung pupuk / nutrisi tanaman selama 4-5 jam. Setelah hidrogel mengembang, buang sisa air yang tidak terserap oleh hidrogel, kemudian bilas dan tiriskan hidrogel selama 10 menit. Hidrogel pun sudah siap untuk digunakan sebagai media tanam.

Apa yang harus dilakukan jika hidrogel menyusut ?
Jika hidrogel menyusut, semprot hidogel dengan air menggunakan sprayer agar kebasahan air merata keseluruh hidrogel dan jagnan sampai ada genangan air dibawah vas. Atau bisa juga melakukan perendaman kembali lalu ditiriskan.
Jika hidrogel kotor terkena debu atau kotoran lainnya, hidrogel bisa dibersihkan dengan cara dicuci atau direndam dengan air hangat selama 1 jam lalu ditiriskan sekitar 30 menit.

Tanaman apa saja yang bisa menggunakan hidrogel ?
Tanaman hias yang bisa ditanam di media hidrogel adalah tanaman yang mempunyai karakteristik sebagai berikut :
  • tahan genangan (kadar air berlebih)
  • tahan kelembaban tinggi
  • tanaman indoor (tanaman yag dapat hidup dengan cahaya pantulan atau cahaya tidak langsung)
  • serta umumnya tidak berkayu dan tidak berbunga
Contoh tanaman yang bisa ditanam di media hidrogel :
Aglonema (misal red sumatra, dona carmen), Scindapus sp. (sirih hias), Cripthantus sp. (nenas-nenasan), Dracaena sp (bambu emerald), Pilea cadieri (daun mutiara), Cyperus sp (rumput payung/air), Anthurium (misal kuping gajah), Sanciviera (lidah mertua), caisim, kangkung, selada air, pak choi dll.
Meskipun hidrogel ini mempunyai kandungan air yang cukup tinggi tapi tidak semua tanaman air bisa tumbuh baik di media hidrogel, misalnya teratai dan eceng gondok. Teratai dan eceng gondok tidak bisa tumbuh dengan baik di media hidrogel karena tanaman ini membutuhkan supply air yang sangat tinggi dan sinar matahari langsung

Nah itu dia penjaelasan tentang hidrogel, jika ada yang salah atau ada yang ingin menambahkan bisa langsung tulis dikolom komentar.
Terimakasih ^_^..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar